Penayangan dan Diskusi Film Arkeologi Virtual Kejayaan Romawi di Medan

PENAYANGAN DAN DISKUSI FILM ARKEOLOGI VIRTUAL KEJAYAAN ROMAWI

Sudah sejak awal peradaban, kemajuan peradaban manusia dapat diukur dari tingkat kebudayaannya. Semula, karya-karya seni yang telah diciptakan manusia mengambil inspirasi dari alam lingkungan sekitarnya. Semua yang dilihat diaktualisasikan dalam wujud kebudayaan seperti pahatan pada candi atau lukisan-lukisan pada goa-goa dengan objek-objek manusia, binatang atau alam sekitarnya dalam masyarakat purba. Dengan cara ini memiliki banyak keterbatasan untuk mengungkapkan objek-objek tertentu yang diinginkan. Kejadian atau peristiwa tidak dapat direka ulang atau tidak dapat ditampilkan kembali secara detail seperti aslinya.

Namun sekarang sudah ada teknologi untuk menampilkan itu semua. Dengan teknologi dalam bentuk animasi visual sepertinya kini bukan merupakan hal yang mustahil. Teknologi modern, khususnya teknologi komputer grafis, Di tangan para seniman komputer grafis, rekaan gambar masa lalu yang dikumpulkan oleh sejarawan, arkeolog, dan arsitek, bisa ‘hidup kembali’. Masa lalu terhampar kembali di depan mata.

Bentuk-bentuk peristiwa masa lalu yang sudah dapat di-virtual-kan salah satunya adalah Kejayaan Kerajaan Romawi. Untuk itulah diperlukan suatu kegiatan untuk memperlihatkan dan memperkenalkan bagaimana proses dari teknologi pembuatan film arkeologi virtual. Dengan dasar pemikiran inilah Pusat Studi Sejarah dan Ilmu-Ilmu Sosial (PUSSIS) Universitas Negeri Medan bekerjasama dengan Institut Kebudayaan Italia – Jakarta dan Asosiasi Museum Indonesia Pengurus Daerah Sumatera Utara akan meyelenggarakan Penayangan dan Diskusi Film Arkeologi Virtual Kejayaan Romawi.

Pelaksanaan

Hari / Tanggal : Selasa / 26 Agustus 2008
Waktu : 09.00 WIB s/d 12.00 WIB
Tempat : Aula Museum Negeri Sumatera Utara (Jl. HM Joni No.51 Medan)

Asosiasi Museum Indonesia (AMI)
Pengurus Daerah Sumatera Utara

Sekretariat:
Museum Negeri Sumatera Utara
(Jl. H.M Joni No.51 Medan)
Telp. +62 76484944; +61 61 77800690
Faks
(061) 732222

Email: amisumut@gmail.com
Weblog: www.amisumut.wordpress.com

One response to “Penayangan dan Diskusi Film Arkeologi Virtual Kejayaan Romawi di Medan

  1. Artikel di blog Anda sangat menarik dan berguna sekali. Anda bisa lebih mempopulerkannya lagi di infoGue.com dan promosikan Artikel Anda menjadi topik yang terbaik bagi semua pembaca di seluruh Indonesia. Telah tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!
    http://arkeologi.infogue.com/penayangan_dan_diskusi_film_arkeologi_virtual_kejayaan_romawi

Leave a comment